Friday, May 2, 2014

Chemistry and Love

H+(aq) + OH-(aq) → H2O(l)


Hola
Jadi gua sendiri udah enggak ngepost selama sekian hari ... itungin aja kalo lo mau
Tapi karena gua baik hati, jadi gua itungin buat kalian.
2 Mei - 21 April
32 - 21 = 11 hari
Oke, lebih dari seminggu
Padahal ini blog random
Jadi di Ps Art Creation juga lebih parah...
sampe hari ini belom ngepost
bingung mau ngepost apaan -.-

Jadi hari ini gua sedikit ngebacot di TL

"Bacot banget si Carvin, gak penting banget sih!!!" -L.v. Beethoven-

Oke, jadi itu semua twit gua persis sebelum gua ngepost ini
Jadi kali ini gua bakal nulis hal random... padahal berkali2 sih
dan hal ini tentang yang enggak penting.. KIMIA

Jadi di hari yang sama gua ada mapel kimia
Jadi gua masih kepikiran tentang kimia :)

Oke, gua mau bahas tentang
Entahlah itu namanya
CINTA DAN KIMIA *genjreng gitar*

Gua sendiri gak ngerti kenapa, jadi tadi gua kepikiran begini aja...

Gua lebih mau ngebahas tentang deret volta, kelarutan, kesetimbangan, dan elektrolit AJAH

Deret volta itu...

Li-K-Ba-Sr-Ca-Na-Mg-Al-Mn-Zn-Cr-Fe-Cd-Co-Ni-Sn-Pb-H-Sb-Bi-Cu-Hg-Ag-Pt-Au

jadi katanya semakin ke kiri semakin reaktif

Dan benar. Faktanya, hampir semua unsur Li ditemukan tidak ada yang jomblo, hmmm
mungkin emang reaktif banget...

Kalo kita lihat ke paling kanan... Au, berarti paling tidak reaktif
alias... paling banyak jomblonya
Eniwei, Au itu sendiri adalah emas, berarti Jomblo itu Emas... #okesipp

Gua sendiri sedikit miris pas ngebayangin hal ini:

Ca(s) + H2CO3(aq) → CaCO3(s) + H2(g)

Oke, liat aja itu si H2 , kasihan kan sudah pacaran sama CO3 ,
EEHHH mentang mentang si Ca lebih reaktif terus si H2 dengan mudah langsung ditikung gitu aja... akhirnya si H2 cuman bisa melihat Ca pacaran dengan mantannya CO3... 
seperti yang lu tau... CaCO3 itu sukar larut... jadinya mereka hubungannya solid, tak terpisahkan... dan H2 cuman bisa menangis melihat itu... sedih banget
Pret.

Tapi enggak  semuanya bisa jadi tukang tikung seperti kalsium diatas, contohnya si emas yang paling jomblo

Au(s) + H3PO4(aq) ↛ ...

Au(s) + Al2(SO4)3(aq) ↛ ...

yaaa, miris sekali bukan
jarang sekali kita bisa melihat senyawa emas
DAN KALAUPUN ADA, GUA JAMIN BAKAL DITIKUNG...
nah lhooo...

Tapi ada yang jauh lebih aneh lagi...

AgNO3(aq) + KI(aq) → AgI(s) + KNO3(s)

Ini hal yang menurut gua paling miris, KENAPA PACAR BISA DIBARTER? -___-
semoga kejadian ini tidak terjadi di dunia cinta, hanya di dunia kimia -___-
Dan dalam persyaratan reaksi kimia tadi adalah
1. Ada yang sukar larut
2. Senyawanya labil
3. Elektrolit lemah
Entahlah, mungkin emang mereka sedang mencari pasangan yang ideal... tapi gak gini juga-__-
Wajarlah, molekul dari lurah mana yang punya perasaan :)

Selain itu gw mo bahas tentang pasangan labil dalam kimia

NH4NO3(aq) + NaOH(aq) → NaNO3(aq) + NH4OH(aq)

Ekspektasinya sih begitu
tapi sayangnya NH4OH nya gak cocok, gak lama kemudian berantem, dan akhirnya putus :(

NH4NO3(aq) + NaOH(aq) → NaNO3(aq) + NH3(g) + H2O(l)

Nah... ini yang paling terakhir...
tentang fasa (aq) dan kelarutan dan elektrolit lemah

sebagai contoh gua kasih suatu pasangan

CH3COOH(aq) ⇌ CH3COO-(aq) + H+(aq)

Asam asetat merupakan elektrolit lemah yang berarti tidak semuanya terionisasi
berarti, tidak semuanya akan putus jadi 2 ion tersebut... berbahagilah yang berpasangan dengan elektrolit lemah (?)

dan tentang kelarutan

NaCl(aq) + AgNO3(aq) → AgCl(s) + NaNO3(aq)

terlihatlah AgCl berfasa SOLID, jadi kalo ditulis persamaan ionnya

Na+(aq) + Cl-(aq) + Ag+(aq) + NO3-(aq) → AgCl(s) + Na+(aq) + NO3-(aq)


Dapat kita lihat, sekalipun dimasukkan ke dalam air, AgCl tidak terpisahkan layaknya yang lain menjadi ion ion... , kalaupun larut, hanya sangat sedikit saja. Maka dapat ktia putuskan AgCl merupakan pasangan terbaik diantara reaksi diatas.

Oke, tadi gua keinget materi yang disampein guru kimia gua tadi
kalo ga salah si gini katanya (dengan buanyak perubahan)

"Biar secara kasat mata endapan AgCl tidak mengalami larut, tetapi secara mikroskopis, ada AgCl yang larut dan adapula AgCl yang dari ion menjadi endapan" → dan itu namanya kesetimbangan kimia

Oke kesimpulannya, sekalipun AgCl merupakan pasangan yang solid, tapi tetep aja bisa ada yang putus, atau mungkin karena ada tukang tikung misalnya... hmmm, ya begitulah. Itulah namanya percintaan.
Ada yang cocok, ada yang enggak, ada yang nikung
Sakit sih emang.
Tapi tetep aja
Jomblo itu emas (?)

Oke, sekian dari gua, gua tau lo udah ga mau bahas kimia lagi... ini termasuk 3 pelajaran paling mengerikan bagi anak IPA, kalo anak IPS sih ga takut soalnya gaada pelajarannya.

Sekian dari gua

Salam sulfat, --- eh itu asam sulfat deh
Tangerang, 2 Mei 2014



Carvin Wirama
Orang Ganteng



No comments:

Post a Comment